Implementasi Metode Drill Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Majelis Ta’lim Al Muntaha Di Komplek PT. Pim Aceh Utara.

Maulidiah Fauza, 180201127 (2023) Implementasi Metode Drill Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Majelis Ta’lim Al Muntaha Di Komplek PT. Pim Aceh Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Metode Drill Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Majelis Ta’lim Al Muntaha Di Komplek PT. Pim Aceh Utara] Text (Implementasi Metode Drill Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Majelis Ta’lim Al Muntaha Di Komplek PT. Pim Aceh Utara)
Maulidiah Fauza, 180201127, FTK, PAI, 082246882268.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kesalahan dalam membaca Al-Qur’an tidak sesuai dengan kaidah ilmu tajwid menjadi suatu masalah yang sering terjadi di kalangan anak-anak. Ketika mereka belum memahami ilmu tajwid, banyak kesalahan yang diucapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode drill dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan ketentuan dan kendala-kendala yang dihadapi ustadz/ustdazah dalam mengimplementasikan metode drill. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang diobservasi dalam penelitian ini ialah proses membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode drill. Subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang pengajar. Data yang diperoleh, dianalisis secara deskriptif. Dalam mengimplementasikan metode drill, tentunya terdapat beberapa syarat dan langkah yang harus dipenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode drill dalam membaca Al-Qur’an pada Majelis Ta’lim Al Muntaha belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. Ketujuh langkah pelaksanaan metode drill sudah dijalankan dengan baik oleh Ustadz Z, namun berbeda halnya dengan ustadzah HS, beliau belum melasanakan ketujuh langkah penerapan metode drill dengan baik. Terkait syarat-syarat pelaksanaan metode drill, kedua pengajar belum melakukannya dengan baik sesuai dengan ketentuan. Kendala yang dialami oleh ustadz/ustadzah dalam mengimplementasikan metode drill ialah: santri tidak mengulang materi, perbedaan tingkat pemahaman santri, kelelahan yang dialami santri pada kegiatan lain, mulai dari pagi hari sampai dengan sore hari, serta waktu yang kurang memadai. Tidak sempurnanya penerapan metode drill tersebut mempengaruhi kualitas hasil baca Al-Qur’an santri dan efektivitas penerapan metode drill itu sendiri. Dampaknya ialah santri mengalami keterlambatan dalam memahami materi serta sulit dalam mempraktikkan proses membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Drill, Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulidiah Fauza Mauli
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:11
Last Modified: 18 Jan 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25661

Actions (login required)

View Item
View Item