Literasi Guru Fiqh Terhadap Media Pembelajaran Di MAN 2 Dan Man 3 Banda Aceh

Zikri Rahmatillah Alkam, 180201122 (2023) Literasi Guru Fiqh Terhadap Media Pembelajaran Di MAN 2 Dan Man 3 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Literasi Guru Fiqh Terhadap Media Pembelajaran  Di MAN 2 Dan Man 3 Banda Aceh] Text (Literasi Guru Fiqh Terhadap Media Pembelajaran Di MAN 2 Dan Man 3 Banda Aceh)
Zikri Rahmatillah Alkam, 180201122, FTK, PAI, 085262742200.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Literasi media adalah sebuah keterampilan yang diperlukan bagi setiap guru dalam mewujudkan pembelajaran yang mengikuti era digital seperti saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi guru fiqih terhadap media pembelajaran di MAN 2 dan MAN 3 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pungumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang di wawancarai dalam penelitian ini adalah 2 orang guru MAN 2 Banda Aceh dan 1 orang guru MAN 3 Banda Aceh. Data yang diperoleh, dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi guru fiqih di MAN 2 Banda Aceh sudah banyak jenis media baik dalam memahami serta menggunakan media ketika proses belajar mengajar. Guru TD memahami macam-macam media dalam proses belajar mengajar namun media yang digunakan oleh guru TD ialah media non elektronik, sedangkan guru JW baik dalam pengetahuan dan penggunaan media, dan guru JW menggunakan semua media sesuai dengan materi yang diajarkan. Berbeda dengan guru MAN 3 Banda Aceh yaitu guru CH, beliau masih kurang dalam menggunakan media yang bervariasi dan beliau ketika proses belajar mengajar seringnya menjelaskan langsung kepada siswa ketika proses belajar mengajar. Faktor pendukung guru MAN 2 dan MAN 3 Banda Aceh dalam menggunakan media ialah: fasilitas yang sudah sangat memadai, proyektor yang sudah disediakan oleh sekolah dan juga permintaan dari kepala sekolah. Adapun faktor penghambat terwujudnya literasi media ialah: tidak semua siswa memiliki laptop, HP sangat terbatas karena terkadang siswa memiliki HP namun terkendala di paket internet, proyektor yang dimiliki oleh sekolah terbatas jumlahnya, dan terkendala waktu ketika menggunakan proyektor.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Guru Fiqh, Media Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zikri Rahmatillah Alkam Zikri
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:21
Last Modified: 18 Jan 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25665

Actions (login required)

View Item
View Item