Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Sumber Belajar Digital di SMK Darul Ihsan Aceh Besar

Widi Astari, 170212135 (2022) Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Sumber Belajar Digital di SMK Darul Ihsan Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Sumber Belajar Digital] Text (Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Sumber Belajar Digital)
Widi Astari, 170212135, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Seorang guru dalam proses belajar mengajar tidak hanya sekedar menyampaikan materi, tetapi juga harus mengupas agar materi pelajaran yang disajikan menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut, seorang guru dituntut memiliki kreativitas dalam mengajar. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan sumber belajar digital di SMK Darul Ihsan Aceh Besar, 2) Untuk mengetahui apa saja sumber-sumber belajar digial yang digunakan guru di SMK Darul Ihsan Aceh Besar, 3) Untuk mengetahui apa saja hambatan kreativitas guru dalam mengembangkan sumber belajar di SMK Darul Ihsan Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, 4 orang guru dan 4 siswa kelas X yang dipilih secara porposive sampling dengan teknik pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, obervasi dan dokumentasi serta menganalisis data dengan model analisis Spradley yaitu, Domain, Taksonomi, Komponensial, dan Tema Kultural. Berdasarkan tujuan peneliian, temuan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal berikut yaitu 1) Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Sumber Belajar Digital di SMK Darul Ihsan dalam hal kelancaran berpikir, keluwesan berpikir, dan oiginality Guru SMK Darul Ihsan memiliki berbagai macam ide dalam memecahkan masalah menggunakan sumber belajar digital. 2) Penggunaan media digital dalam proses pembelajaran oleh guru yaitu seperti Quizziz, Edmodo, E-Modul, Video dengan internet. 3) Kesulitan yang dihadapi guru dalam membuat pengemabangan sumber belajar digital antara lain jaringan dan tidak semua siswa memiliki smartphone

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Widi Astari
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:23
Last Modified: 18 Jan 2023 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25667

Actions (login required)

View Item
View Item