Upaya Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 3 Indrapuri Aceh Besar

Muthahir, 180201152 (2023) Upaya Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 3 Indrapuri Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Upaya Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa  Di SMP Negeri 3 Indrapuri Aceh Besar] Text (Upaya Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 3 Indrapuri Aceh Besar)
Muthahir, 180201152, FTK, PAI, 085360107232.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kenakalan siswa dan remaja pada zaman sekarang ini semakin memprihatinkan. Kenakalan-kenakalan tersebut terjadi akibat adanya beberapa faktor yang mempengaruhi buruknya karakter remaja sekarang. Oleh karena itu, pembentukan karakter bagi siswa sangat perlu dikembangkan mengingat bahwa masih banyak terjadi kenakalan siswa yang tidak pantas sampai saat ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah factor apa saja yang mempengaruhi karakter siswa di SMP Negeri 3 Indrapuri Aceh Besar, bagaimana strategi guru PAI dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 3 Indrapuri Aceh Besar, serta apa saja kendala guru PAI dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 3 Indrapuri Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi yaitu faktor yang mempengaruhi karakter siswa di SMP Negeri 3 Indrapuri Aceh Besar adalah faktor keluarga/orang tua, dan faktor teman. Kemudian dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 3 Indrapuri Aceh Besar, kepala sekolah, guru PAI dan guru BK serta perangkat sekolah lainnya bekerja sama dengan menjabarkan strategi yaitu suri tauladan, penegakan kedisiplinan, dan pembiasaan. Adapun kendala yang dialami guru PAI dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 3 Indrapuri Aceh Besar, antara lain kurangnya dasar agama yang ada pada siswa, kurangnya kerja sama antara orang tua siswa dengan sekolah, serta lingkungan bermain siswa di luar jam sekolah. Dengan demikian, berdasarkan hasil pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi di lapangan, maka penulis menyimpulkan bahwa untuk membentuk karakter siswa ialah dengan cara membangun kerjasama antara orangta dan guru, karena orangtua sangat berpengaruh dalam membina pendidikan karakter seorang anak di rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, PembetukanKarakter
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muthahir Muthahir
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:28
Last Modified: 18 Jan 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25673

Actions (login required)

View Item
View Item