Analisis Tingkat Pendapatan Karyawan dan Agen pada Real Estate Serta Risiko Kerjanya di Kecamatan Baitussalam dalam Perspektif Akad Ijȃrah ‘Ala Al-‘Amȃl dan Samsȃrah

Rizky Qalil Hasbuna, 180102099 (2023) Analisis Tingkat Pendapatan Karyawan dan Agen pada Real Estate Serta Risiko Kerjanya di Kecamatan Baitussalam dalam Perspektif Akad Ijȃrah ‘Ala Al-‘Amȃl dan Samsȃrah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Tingkat Pendapatan Karyawan Dan Agen Pada Real Estate Serta Risiko Kerjanya Di Kecamatan Baitussalam Dalam Perspektif Akad Ijȃrah ‘Ala Al-‘Amȃl dan Samsȃrah] Text (Analisis Tingkat Pendapatan Karyawan Dan Agen Pada Real Estate Serta Risiko Kerjanya Di Kecamatan Baitussalam Dalam Perspektif Akad Ijȃrah ‘Ala Al-‘Amȃl dan Samsȃrah)
Rizky Qalil Hasbuna, 180102099, FSH, HES, 085262840741.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Bisnis properti yang menjadi objek usaha developer selalu melibatkan tim yang penting untuk pemasaran, baik menggunakan kinerja agen freelance maupun karyawan yang dikontrak secara tetap. Penelitian yang dilakukan pada PT Levita Yalzy Property dan PT Atlanta Global Indo Mandiri yang mempekerjakan agen freelance dan tim marketing sebagai karyawan tetap untuk tenaga pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana perbandingan tingkat upah antara karyawan dengan agen pada perusahaan real estate di Kecamatan Baitussalam? bagaimana klasifikasi tingkat risiko antara karyawan dengan agen pada penjualan real estate di Kecamatan Baitussalam? dan bagaimana tinjauan akad ijȃrah ‘ala al-‘amȃl dan samsȃrah terhadap pekerjaan karyawan dan agen pada penjualan real estate serta risikonya di Kecamatan Baitussalam? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada PT Levita Yalzy Property dan PT Atlanta Global Indo Mandiri karyawan memperoleh gaji lebih besar daripada agen. Sistem kontrak yang berbeda mempengaruhi secara langsung terhadap sistem penggajian dan tingkat upah. Karyawan menerima gaji perbulan dan fee atas setiap penjualan unit rumah sedangkan agen hanya menerima fee saja. Klasifikasi tingkat risiko antara karyawan dan agen didasarkan pada target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan. Karyawan ditetapkan target penjualan perbulan, yang mana jika target tidak terpenuhi maka karyawan akan menanggung risiko mulai dari pressure hingga di-PHK oleh perusahaan. Sedangkan agen tidak bekerja dengan target sehingga tidak menanggung risiko apapun dalam melakukan pekerjaannya. Praktek perkerjaan karyawan dan agen dalam penjualan real estate diketahui tidak bertentangan dengan konsep ijȃrah ‘ala al-‘amȃl dan samsȃrah karena telah terpenuhi rukun dan syarat akad.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizky Qalil Hasbuna Rizky
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:19
Last Modified: 18 Jan 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25675

Actions (login required)

View Item
View Item