Analisis Praktik Jual Beli Online Menggunakan Sistem Cash On Delivery Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Sarah Nadia, 170602143 (2021) Analisis Praktik Jual Beli Online Menggunakan Sistem Cash On Delivery Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Etika Bisnis Islam] Text (Etika Bisnis Islam)
Sarah Nadia, 170602143, FEBI, ES, 082336562560.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penjualan online merupakan salah satu jenis transaksi jual beli yang menggunakan media internet dalam penjualannya, pada saat ini yang paling banyak dilakukan adalah berbasis media sosisal seperti, facebook, twiter, whatsapp, Instagram dan media sosial lainnya untuk memasarkan produk yang mereka jual. Cash On Delivery (COD) jika diartikan yaitu membayar barang pada saat barang dikirimkan. Transaksi dengan sistem Cash On Delivery (COD) dilakukan pada saat konsumen dan penjual ataupun dengan perantaraan (kurir) bertemu secara langsung di suatu tempat yang telah disepakati sebelumnya. Sehingga pembeli mendapatkan keuntungan karena barang yang dipesan bisa diperiksa terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual beli online menggunakan sistem Cash On Delivery (COD) sangat berpengaruh terhadap penerapan etika bisnis islam .Berdasarkan pernyataan di atas Islam juga ikut serta menuntun ummatnya dalam bermuamalah. Keikutsertaan tersebut berupa ditetapkannya aturan dalam berbisnis yang disebut dengan Etika Bisnis Islam. Etika Bisnis Islam ialah ilmu yang membahas perihal usaha ekonomi khususnya jual beli dari sudut pandang baik dan buruk serta salah dan benar menurut standar akhlak Islam. Islam menghalalkan jual beli termasuk juga bisnis. Dalam etika bisnis Islam itu menjamin, baik pebisnis, mitra bisnis, konsumen masing-masing akan saling mendapatkan keuntungan. Perilaku dalam berbisnis atau berdagang juga tidak luput dari adanya nilai moral atau nilai etika bisnis. Penting bagi para pelaku bisnis untuk mengintegrasikan dimensi moral ke dalam kerangka atau ruang lingkup bisnis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Sarah Nadia Sarah
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:45
Last Modified: 18 Jan 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25676

Actions (login required)

View Item
View Item