Kecenderungan Penelitian Studi Living Qur'an Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Sri Wahyuni. R, 180303003 (2023) Kecenderungan Penelitian Studi Living Qur'an Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Studi Living Qur'an] Text (Studi Living Qur'an)
SKRIPSI SWR lengkap.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Studi Living Quran merupakan model kajian yang relatif baru digunakan oleh mahasiswa di prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Namun seiring berjalannya waktu, mahasiswa cenderung menggunakan objek kajian living Quran pada penelitiannya daripada objek kajian lain. Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan penelitian mahasiswa prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada tahun 2018/2019 hingga tahun 2021/2022 dan untuk mengetahui alasan mahasiswa dalam memilih objek kajian living Quran serta kelebihan dan kekurangan model kajian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research). Informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak lima belas mahasiswa prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Data dikumpulkan melalui hasil dokumentasi dan wawancara, kemudian data dianalisis secara deskriptif dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian studi living Quran paling banyak dikaji oleh mahasiswa pada tiga tahun terakhir dan penelitian dari aspek metodologis ilmu tafsir paling sedikit dikaji oleh mahasiswa pada tiap tahunnya. Alasan yang paling kuat mahasiswa memilih menggunakan kajian living Quran sebagai objek kajiannya adalah karena faktor latar belakang pendidikan mahasiswa itu sendiri. Kemudian kajian living Quran memiliki kelebihan yang diantaranya adalah terdapat berbagai macam fenomena permasalahan yang dapat dibahas pada kajian living Quran dan kekurangannya adalah kajian living Quran dianggap sebagai pelarian menghindari bacaan teks-teks tafsir berbahasa arab.
Kata Kunci: Living Quran, Kecenderungan, Penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Sri Wahyuni. R Ayu
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:38
Last Modified: 18 Jan 2023 04:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25693

Actions (login required)

View Item
View Item