Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Perkembangan Berbahasa Lisan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Amin Aceh Selatan

Wirma Salmi, 170210055 (2023) Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Perkembangan Berbahasa Lisan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Amin Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Perkembangan Berbahasa Lisan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Amin Aceh Selatan] Text (Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Perkembangan Berbahasa Lisan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Amin Aceh Selatan)
Wirma Salmi, 170210055, FTK, PIAUD, 082360359956.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Bahasa lisan adalah kunci pokok bagi kehidupan manusia di atas bumi ini, karena dengan bahasa lisan orang bisa bertukar pesan dan makna. Perkembangan berbahasa lisan anak di TK Al-Amin Aceh Selatan masih kurang, yaitu anak kesulitan mengungkapkan keinginan, perasaan dan pendapat dengan kalimat yang sederhana dalam berkomunikasi dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model talking stick terhadap perkembangan berbahasa lisan anak usia 5-6 tahun di TK Al-Amin Aceh Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desains one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yaitu kelompok B yang berjumlah 14 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat perkembangan berbahasa lisan mengunakan model talking stick. Hasil penelitian menunjukan perkembangan berbahasa lisan sebelum menggunakan model talking stick dengan kriteria Mulai Berkembangan (MB), dan perkembangan berbahasa lisan setelah menggunakan model talking stick dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Berasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 12,8, dan ttabel = 1, 771 dengan derajat bebas (db) 13 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel sehinggan Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian penggunaan model talking stick terhadap perkembangan berbahasa lisan anak di TK Al-Amin Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Wirma Salmi
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:04
Last Modified: 18 Jan 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25694

Actions (login required)

View Item
View Item