Pengembangan Video Pembelajaran Edukatif Berbasis TikTok Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Muhammad Ajir, 170205091 (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Edukatif Berbasis TikTok Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Video Pembelajaran Edukatif] Text (Pengembangan Video Pembelajaran Edukatif)
Muhammad Ajir, 170205091, FTK, PMA, 085320490444.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di abad 21 menuntut sistem pendidikan di Indonesia untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman saat ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu bentuk penyesuaiannya adalah dengan mengubah sistem pembelajaran yang sebelumnya konvensional menjadi lebih fleksibel. Artinya Pendidikan dimasa yang akan datang tidak hanya berorientasi di gedung sekolah saja, tetapi juga ditentukan oleh teknologi serta jaringan informasi yang bisa diakses kapan dan dimana saja. Salah satu upaya untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman adalah dengan menghadirkan video pembelajaran. Penelitian ini berupaya untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan dan hasil pengembangan video pembelajaran matematika berbasis TikTok untuk siswa SMP. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan 4D (four-D) Thiagarajan. Tahapan meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian ini menghasilkan video pembelajaran nmatematika berbasis TikTok. Berdasarkan penilaian dari para ahli dan uji coba lapangan menyatakan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan adalah valid dan praktis. Pada tahap validasi yang diperoleh dari 5 validator yang memberikan saran dan masukan serta mendapat kriteria sangat baik dengan persentase 86,39% layak untuk digunakan. Pada tahap kepraktisan oleh guru diperoleh tingkat kepraktisan dengan persentase kepraktisan bernilai positif adalah 81,25%. dan pada tahap kepraktisan oleh siswa diperoleh tingkat kepraktisan dengan persentase bernilai positif adalah 79,15%. Proses dan hasil pengembangan video pembelajaran matematika berbasis TikTok ini ini sangat potensial menjadi model yang akan diikuti oleh para guru dan peneliti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra.Hafriani, M.Pd 2. Khusnul Safrina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan video pembelajaran, berbasis TikTok, model 4D
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Ajir Ajir
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:05
Last Modified: 18 Jan 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25695

Actions (login required)

View Item
View Item