Pemahaman Orang Tua Tentang Pemenuhan Gizi Anak Melalui Bekal Makanan Di TK Anugerah Aceh Selatan

Fadhilla Maisyura, 170210039 (2023) Pemahaman Orang Tua Tentang Pemenuhan Gizi Anak Melalui Bekal Makanan Di TK Anugerah Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pemahaman Orang Tua Tentang Pemenuhan Gizi Anak Melalui Bekal Makanan Di TK Anugerah  Aceh Selatan] Text (Pemahaman Orang Tua Tentang Pemenuhan Gizi Anak Melalui Bekal Makanan Di TK Anugerah Aceh Selatan)
Fadhilla Maisyura, 170210039, FTK, PIAUD, 085399798966.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di TK Anugerah Aceh Selatan, peran orang tua dalam membiasakan anak makan sehat dan memenuhi gizi masih kurang. Dari wawancara dengan beberapa orang tua di Tk Anugerah, kebanyakan orang tua tidak sempat menyiapkan bekal makanan yang menarik dan memenuhi nilai gizi untuk anak karena terburu-buru pergi bekerja, sehingga orang tua hanya menyiapkan bekal seadanya. Orang tua cenderung tidak mau repot dalam menyiapkan makanan, terlebih pada ibu yang bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan kegiatan orang tua tentang pemenuhan gizi anak melalui bekal makanan di TK Anugerah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, maksud dari penelitian lapangan adalah penelitian yang datanya Penulis peroleh dari lapangan, baik data secara lisan maupun secara tertulis (dokumen). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 4 subjek didapatkan 3 subjek memiliki pemahaman yang baik namun belum sempurna. Mereka memberikan tanggapan yang cenderung sama mengenai pemenuhan gizi melalui bekal anak dimana ketiga orang tua ini mengatakan bahwa bekal makanan yang disiapkan yaitu makanan yang mengandung gizi seimbang, seperti makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, buah, dan susu serta mereka mengolahnya sendiri, namun orang tua tidak tahu dengan takaran jumlahnya. Sedangkan untuk kegiatan pemenuhan gizi melalui bekal makanan sudah bagus dimulai dari makan bersama yang diawasi oleh guru, makan bubur kacang hijau untuk anak yang bergizi tinggi memenuhi kebutuhan serat yang diperlukan anak serta dapat melancarkan pencernaan dan memperkuat imun tubuh. Menurut orang tua di sekolah tersebut juga sering di adakan parenting dengan mendatangkan orang yang ahli dalam gizi anak, mendatangkan kepala puskesmas atau perawat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Fadhilla Maisyura
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:05
Last Modified: 18 Jan 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25696

Actions (login required)

View Item
View Item