Efektivitas Pemanfaatan Media Power Point Dalam Perkuliahan Pada Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Ridho Ramadani, 170201038 (2023) Efektivitas Pemanfaatan Media Power Point Dalam Perkuliahan Pada Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Pemanfaatan Media Power Point Dalam Perkuliahan Pada Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Efektivitas Pemanfaatan Media Power Point Dalam Perkuliahan Pada Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Ridho Ramadani, 170201038, FTK, PAI, 082274477612.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan belajar. Mahasiswa telah menggunakan media power point, namun tampilan yang akan dipresentasikan masih terlihat monoton sehingga minat belajar mahasiswa belum dapat ditumbuhkan secara maksimal. Mahasiswa masih menggunakan media tersebut untuk memproyeksikan teks yang mirip dengan buku atau jurnal, bukan sebagai alat untuk menampilkan gagasan pokok atau poin-poin penguat yang ada di dalam materi hasil kerja mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pemanfaatan media power point dalam perkuliahan pada prodi PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mixed methods. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan angket. Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan ialah: efektifitas pemanfaatan media power point dalam perkuliahan pada prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, kefektifan ini dapat dilihat dari respon angket mahasiswa pada tabel 4.11 sebanyak 68% dosen dalam perkuliahan menciptakan suasana yang interaktif dalam kegiatan perkuliahan dengan menggunakan media power point. Tabel 4.5 sebanyak 59,3 % materi yang di sampaikan bervariasi setiap pertemuan mata kuliah perencanaan pembelajaran PAI. Tabel 4.2 sebanyak 50% ketika dosen menggunakan media power point semua materi tersampaikan dengan menyeluruh. Pemanfaatan media power point dalam perkuliahan pada prodi PAI dapat dilihat dari pembelajaran yang dilakukan efektif menggunakan media power point, proses perkuliahan berjalan dengan efektif. Dengan menggunakan media power point menambah daya tarik dan minat dari mahasiswa ketika proses perkuliahan. Media power point ini sebagai pembantu mahasiswa untuk memahami materi yang mereka tidak pahami ketika dosen hanya menjelaskan secara lisan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Power Point
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Ramadani Ridho
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:09
Last Modified: 18 Jan 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25697

Actions (login required)

View Item
View Item