Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di MUQ Pagar Air

Ofi Hilda, 291324967 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di MUQ Pagar Air. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Hasil Belajar)
SKRIPSI_OFI HILDA_PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dengan guru kimia kelas X MUQ Pagar Air pada tanggal 23 Februari – 28 Februari 2017 diperoleh informasi bahwa selama proses belajar mengajar berlangsung di sekolah belum menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI dan gaya belajar pada materi tata nama senyawa. Hal ini mendedikasikan bahwa siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa di MUQ Pagar Air. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan desain pre-eksperimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA Putri MUQ Pagar Air berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui angket gaya belajar dan tes hasil belajar. Sedangkan pengolahan data menggunakan persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya persentase gaya belajar visual adalah 66,67% (baik), dan gaya belajar audio persentasenya sebesar 33,33% (kurang). Data hasil tes yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05, maka diperoleh t_hitung= 2,06 dan t_tabel = 1,72 sehingga t_hitung > t_tabel yaitu 2,06 > 1,72. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan yang telah ditentukan, dengan H_0 ditolak dan H_1 diterima maka dengan demikian hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar audio pada materi tata nama senyawa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization di MUQ Pagar Air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Azhar Amsal,M.Pd; NIP. 196806011995031004; 2. Nurbayani, MA; NIP. 197310092007012016
Uncontrolled Keywords: TAI, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ofi Hilda
Date Deposited: 09 Aug 2017 10:38
Last Modified: 09 Aug 2017 10:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item
TOP