Peran Tuha Peut Dalam Pengurusan Gampong Menurut Qanun Nomor 5 Tahun 2003 Tentang Pemerintahan Gampong (Suatu Penelitian di Gampong Ulee Nyeue Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara)

Ulfi Nadia, 180105016 (2022) Peran Tuha Peut Dalam Pengurusan Gampong Menurut Qanun Nomor 5 Tahun 2003 Tentang Pemerintahan Gampong (Suatu Penelitian di Gampong Ulee Nyeue Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Qanun] Text (Qanun)
Ulfi Nadia, 180105016, FSH, HTN, 082273871918.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah Peran Tuha Peut Dalam Pengurusan Gampong Menurut Qanun Nomor 5 Tahun 2003 Tentang Pemerintahan Gampong (Suatu Penelitian Di Gampong Ulee Nyeue Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara). Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran Tuha Peut dalam kepengurusan gampong di Gampong Ulee Nyeue Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara, Bagaimana Terjadinya disfungsi Tuha Peut di Gampong Ulee Nyeu Ditinjau Menurut Qanun Nomor 5 Tahun 2003 Tentang Pemerintahan Gampong, dan Bagaimana peran Tuha Peut Gampong ditinjau dari konsep Siyasah Dusturiyah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran Tuha Peut dalam pengurusan nya masih belom optimal, yang dimana masih ada beberapa orang anggota Tuha Peut di Gampong Ulee Nyeue belum sepenuhnya berjalan dengan lancar karena Tuha Peut yang ada di Gampong tersebut masih belum mengerti dan belum paham dengan jelas apa yang menjadi tugas dan fungsinya terhadap gampong dan masyarakat. Terjadinya disfungsi Tuha Peut di Gampong Ulee Nyeue karena Tuha Peut yang ada di Gampong tersebut mendapatkan hambatan dan kendala karena dalam menjalankan perannya terdapat beberapa hal yang tidak dapat dijalankan dengan efektif dan tidak sesuai sebagaimana yang telah diatur di dalam Qanun Nomor 5 Tahun 2003 Tentang Pemerintahan Gampong. Hal ini karena tingkat pendidikan dan pemahaman mengenai pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Tuha Peut masih rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Ulfi Nadia Ulfi
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:16
Last Modified: 18 Jan 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25704

Actions (login required)

View Item
View Item