Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas IV MIS Rambung Gayo Lues

Fia Rahmah, 180209028 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas IV MIS Rambung Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas IV MIS Rambung Gayo Lues] Text (Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas IV MIS Rambung Gayo Lues)
Dilla Paradilla, 180203133, FTK, PBI, 085270099719.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan hasil belajar yang tidak sesuai dengan KKM. Hal tersebut disebabkan karena keterbatasan guru dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga membuat siswa bosan dalam pembelajaran.Hasil penelitian ini berjutuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan menganalisis hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwingdi kelas IV MIS Rambung Gayo Lues. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus.Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (1) Lembar observasi aktivitas guru (2) lembar observasi aktivitas peserta didik (3) soal post test. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwaAktivitas guru pada siklus I yaitu 96,15% dalam katagori baik sekali, sedangkan pada siklus II yaitu 97,11% dalam katagori baik sekali. Aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 60,18% dalam katagori cukup, pada siklus II menjadi 92,59% dengan katagori baik sekali. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik, pada siklus I memperoleh nilai 60,52%, pada siklus II meningkat menjadi 78,42%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Snowball Throwing mengalami peningkatan hasil aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fia Rahmah
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:50
Last Modified: 19 Jan 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25707

Actions (login required)

View Item
View Item