Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Movie Maker terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Hukum Hooke di SMAN 1 Lhoknga

Muhammad Daud, 251324442 (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Movie Maker terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Hukum Hooke di SMAN 1 Lhoknga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Movie Maker, Hasil Belajar] Text (Mengenai tentang Movie Maker, Hasil Belajar)
SKRIPSI DAUD pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik masih rendah pada pelajaran fisika khususnya materi hukum hooke, hal ini sebabkan karena pendidik kurang menggunakan media pembelajaran pada waktu proses belajar mengajar berlangsung, sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran Movie Maker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran menggunakan Movie Maker terhadap hasil belajar dan respon peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimen dengan Posttest-Only Control Design, yang melibatkan kelas kontrol XI IA1 yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas eksperimen XI IA2 yang berjumlah 19 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan respon dalam bentuk angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari hasil respon peserta didik menggunakan analisa deskriptif (persentase). Berdasarkan hasil perhitungan dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel yaitu 2,02 > 1,68 untuk taraf signifikan 95% atau ⍺ = 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media pembelajaran Movie Maker terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hukum hooke di SMAN 1 Lhoknga. Hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 78,92% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 73,75%, selain itu juga dapat dilihat dari hasil respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran Movie Maker dengan pernyataan positif kriteria Sangat Setuju (SS) 52,41% dan Setuju (S) 43,38%, sedangkan pada pernyataan negatif kriteria Sangat Tidak Setuju (STS) 45,4% dan Tidak Setuju (TS) 50,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Samsul Bahri, M.Pd; 2. Arusman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Movie Maker, Hukum Hooke, dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Daud
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:50
Last Modified: 20 Feb 2018 04:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item
View Item