Korelasi Hasil Belajar Biologi Siswa Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Pada Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) Di Kabupaten Aceh Singkil

Tanti Ayunita T.W, 180207088 (2023) Korelasi Hasil Belajar Biologi Siswa Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Pada Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) Di Kabupaten Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Korelasi Hasil Belajar Biologi Siswa Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Pada Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) Di Kabupaten Aceh Singkil] Text (Korelasi Hasil Belajar Biologi Siswa Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Pada Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) Di Kabupaten Aceh Singkil)
Tanti Ayunita T.W, 180207088, FTK, PBL, 081246499273.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa sudah baik pada materi pencemaran lingkungan dan dampaknya, akan tetapi hasil belajar beberapa siswa masih tergolong rendah dan begitupun perilaku peduli lingkungannya tergolong baik namun beberapa siswa masih kurang mencerminkan perilaku peduli terhadap lingkungan. Oleh karena itu, perlu dicari korelasi hasil belajar biologi siswa terhadap perilaku peduli lingkungan. Salah satunya menggunakan model korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Singkil dan MAN Aceh Singkil yang terdiri dari SMAN 1 Singkil IPA1, IPA2, IPA3 dan MAN Aceh Singkil IPA1, IPA2. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa X SMAN 1 Singkil dan MAN Aceh Singkil yang berjumlah 125 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Rancangan penelitian uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi dokumentasi, lembar observasi dan lembar angket. Analisis data perilaku peduli lingkungan menggunakan skala likert dan hubungan hasil belajar terhadap perilaku peduli lingkungan menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian terhadap hasil belajar diperoleh nilai 81,3 yang tergolong pada kriteria sangat tinggi dan perilaku peduli lingkungan diperoleh nilai 84,4 tergolong pada kategori sangat tinggi. Hasil r-hit 0,2546 > r-tab 0.1757 tingkat hubungan rendah antar keduanya dan hasil uji-t 2,8635 > 1,657 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi hasil belajar biologi siswa terhadap perilaku peduli lingkungan pada Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) di Kabupaten Aceh Singkil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Tanti Ayunita T.W Tanti
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:19
Last Modified: 19 Jan 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25713

Actions (login required)

View Item
View Item