Pengaruh Penambahan Aseton Sebagai Pelarut Dalam Pembuatan Membran Dari Minyak Nyamplung (Calophyllum Inophyllum)

Miftahul Jannah, Mifta (2023) Pengaruh Penambahan Aseton Sebagai Pelarut Dalam Pembuatan Membran Dari Minyak Nyamplung (Calophyllum Inophyllum). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang pengaruh penambahan aseton dalam pembuatan membran poliuretan dari minyak nyamplung] Text (membahas tentang pengaruh penambahan aseton dalam pembuatan membran poliuretan dari minyak nyamplung)
MIFTAHUL JANNAH (180704011).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tanaman nyamplung (Calophyllum Inophyllum) merupakan tanaman yang menghasilkan rendemen minyak yang tinggi yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan membran dengan mereaksikannya menggunakan Toluene diisosianat (TDI). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pembuatan membran dengan penambahan aseton sebagai pelarut serta mengetahui karakterisasi dari membran tersebut. Pembuatan membran dilakukan dengan mereaksikan minyak nyamplung dengan Toluene diisosianat (TDI) kemudian ditambahkan aseton dengan variasi 0 g ; 0,5 g ; 1 g dan 1,5 g kemudian dikarakterisasi membran yang dihasilkan. Diperoleh membran yang homogen dan terdapat serapan N-H pada tiap variasi aseton. Serta nilai tarik paling tinggi sebesar 9,7793 Mpa dan nilai uji swelling sebesar 818,82% pada membran dengan penambahan aseton 1 g. Membran yang telah dihasilkan tahan terhadap alkohol, garam dan asam tetapi tidak tahan terhadap basa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 546 Kimia Anorganik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Miftahul Jannah MIftah
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:39
Last Modified: 18 Jan 2023 04:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25719

Actions (login required)

View Item
View Item