Implementasi Akad Muzaraah Pada Masyarakat Tani Di Desa Lhok Seumot Kabupaten Nagan Raya

Intan Yunita, 150602133 (2020) Implementasi Akad Muzaraah Pada Masyarakat Tani Di Desa Lhok Seumot Kabupaten Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Akad Muzaraah Pada Masyarakat Tani  Di Desa Lhok Seumot Kabupaten Nagan Raya] Text (Implementasi Akad Muzaraah Pada Masyarakat Tani Di Desa Lhok Seumot Kabupaten Nagan Raya)
Intan Yunita, 150602133, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi akad muzaraah di Desa Lhok Seumot Kabupaten Nagan dilihat dari perspektif prinsip syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi akad muzaraah pada masyarakat tani di Desa Lhok Seumot dilakukan secara langsung antara pemilik dengan penggarap secara lisan. Akad muzaraah ini memuat kesepakatan tentang luas lahan yang digarap, biaya pengelolaan, sistem bagi hasil serta pihak yang bertanggungjawab jika terjadinya gagal panen. Dan praktik bagi hasil yang diterapkan oleh masyarakat petani antara pemilik lahan di Desa Lhok Seumot sudah relevan dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.245 Muzara'ah (Kerjasama Pertanian/Ikrar/Perwakilan)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan Yunita Intan
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:49
Last Modified: 19 Jan 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25720

Actions (login required)

View Item
View Item