Pengaruh Jumlah Unit Usaha Dan Omzet terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor UMKM Di Provinsi Aceh

T Hafizhly Dinillah, 170604111 (2022) Pengaruh Jumlah Unit Usaha Dan Omzet terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor UMKM Di Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Jumlah Unit Usaha Dan Omzet terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor UMKM Di Provinsi Aceh] Text (Pengaruh Jumlah Unit Usaha Dan Omzet terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor UMKM Di Provinsi Aceh)
T Hafizhly Dinillah, 170604111, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

UMKM mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional dan Provinsi Aceh, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh jumlah unit usaha terhadap penyerapan tenaga kerja Sektor UMKM di provinsi Aceh dan berapa besar pengaruh omzet terhadap Penyerapan tenaga kerja sektor UMKM di provinsi Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang menggunakan data sekunder yang diperoleh dari dinas UMKM provinsi Aceh. Data yang digunakan dalam penelitian ini data panel. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menggunakan Random Effect Model dan menunjukkan bahwa jumlah unit usaha berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja sektor UMKM, signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor UMKM di provinsi Aceh. Variabel omzet berpengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja sektor UMKM, signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor UMKM. maka dapat di simpulkan bahwa jumlah unit usaha dan omzet memiliki pengaruh positif terhadap penyerapan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.7 Ketenagakerjaan Berdasarkan Industri dan Pekerjaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: T Hafizhly Dinillah Hafizhly
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:40
Last Modified: 19 Jan 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25721

Actions (login required)

View Item
View Item