Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Samahani

Hilmi Fandandi, 150201163 (2022) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Samahani. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Samahani] Text (Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Samahani)
Hilmi Fandani, 150201163, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Samahani”. Judul ini diangkat karena masih sering terjadi dikalanngan peserta didik yang melanggar aturan sekolah seperti merokok cabut dan lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTsS Samahani? dan (2) apa saja kendala guru akidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTsS Samahani? Metode yang digunakan bersifat kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTsS Samahani ialah dengan cara: pertama, melakukan pengajian di masjid; kedua, melakukan pembinaan kegiatan intrakurikuler; ketiga, melakukan pengevaluasian pada setiap tahunnya agar guru/pihak sekolah mengetahui apakah dalam setiap tahunnya mengalami peningkatan atau sebaliknya. (2) Kendala guru akidah akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa di MTsS Samahani dapat dikelompokkan menjadi dua faktor kendala, yaitu: pertama, kendala internal sekolah, dimana adanya ketidakterbukaan siswa yang bermasalah terhadap guru sehingga pihak sekolah/guru sulit untuk mengatasinya serta kurangnya komunikasi antara orang tua/wali dan pihak sekolah/guru; kedua, kendala eksternal: kendala eksternal ini meliputi rendahnya sosial ekonomi di kalangan orang tua/wali siswa, sehingga siswa terbebani. Kurangnya keperdulian orang tua/wali siswa terhadap kasus atau permasalahan yang dialami putra/putrinya dan kondisi lingkungan sekitar sekolah. Simpulan, upaya guru akidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Samahani Aceh Besar telah dilakukan dengan baik. Namun, keadaan yang masih terdapat pelanggaran dari siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hilmi Fandani Hilmi
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:48
Last Modified: 19 Jan 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25730

Actions (login required)

View Item
View Item