Standarisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) (Studi Pada BUMG Desa Lambro Deyah Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar)

Siti Munira, 170404053 (2022) Standarisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) (Studi Pada BUMG Desa Lambro Deyah Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Standarisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) (Studi Pada BUMG Desa Lambro Deyah Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar)] Text (Standarisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) (Studi Pada BUMG Desa Lambro Deyah Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar))
Siti Munira, 170404053, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

BUMG/BUMDes adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Dalam pelaksanaan kegiatan tentunya memerlukan kesesuaian standar pengelolaan yang sesuai dengan kebijakan yang telah berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan BUMG Lambro Deyah dan Penerapan Standarisasi pada BUMG Lambro Deyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Proses pengelolaan BUMG Lambro deyah sejauh ini telah memberikan hasil yang cukup baik mulai dari pengelolaan organisasi, pemasaran, keuangan dan pengelolaan SDM. Selanjutnya Penerapan standarisasi pada BUMG desa Lambro Deyah sejauh ini masih kurang optimal. Hal ini ditinjau dari AD/ART yang belum ada secara resmi, rencana program kerja yang masih belum terstruktur serta belum terjalinnya kerjasama antar BUMG.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 307 Komunitas > 307.72 Komunitas Pedesaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Munira Siti
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:12
Last Modified: 20 Jan 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25733

Actions (login required)

View Item
View Item