Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Di Kelas VIII MTsN 1 Aceh Tengah

Lia Sastriana, 170207094 (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Di Kelas VIII MTsN 1 Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Di Kelas VIII MTsN 1 Aceh Tengah] Text (Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Di Kelas VIII MTsN 1 Aceh Tengah)
Lia Satriana, 170207094, FTK, PBL, 081377418499.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi di MTsN 1 Aceh Tengah masih tergolong kategori rendah, hal tersebut disebabkan olehbeberapa faktor, salah satunya kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. Tujuanpenelitian adalah untuk menganalisis kemampuan memecahkan masalah peserta didik dan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning pada materi fotosintesis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Aceh Tengah, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII-3 yang berjumlah 40 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah peserta didik terhadap proses pembelajaran dan tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis kemampuan memecahkan masalah peserta didik menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar peserta didik menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik dan hasil belajar peserta didik yangdibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik. Hasil uji t menunjukkan thitung (26,01) > ttabel (1,685).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah, HasilBelajar, Fotosintesis.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Lia Sastriana Lia
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:44
Last Modified: 19 Jan 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25739

Actions (login required)

View Item
View Item