Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Hubungan Suami Istri Jarak Jauh (Studi Kasus di Kuala Terengganu, Terengganu, Malaysia)

Saudah Binti Mat Razali, 170101098 (2023) Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Hubungan Suami Istri Jarak Jauh (Studi Kasus di Kuala Terengganu, Terengganu, Malaysia). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Hubungan Suami Istri Jarak Jauh (Studi Kasus di Kuala Terengganu, Terengganu, Malaysia)] Text (Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Hubungan Suami Istri Jarak Jauh (Studi Kasus di Kuala Terengganu, Terengganu, Malaysia))
Saudah binti Mat Razali, 170101098,FSH, HK, .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dibelatarbelakangi oleh keadaan hubungan suami istri harus tinggal serumah sekaligus dapat menajalankan hak dan kewajiban secara sempurna. Namun karena tuntutan pekerjaan menyebabkan sebagian suami istri harus berjauhan dan menjalani kehidupan jarak jauh dari segi waktu dan tempat. Masalah yang timbul yaitu apakah faktor dan dampak suami istri yang berhubungan jarak jauh di Kuala Terengganu dan bagaimana hubungan Suami Istri Jarak Jauh di Kuala Terengganu dalam memenuhi hak dan kewajiban pasangannya. Penulis menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Berdasarkan Hasil Penelitian faktor-faktor suami istri jarak jauh adalah yang pertama kerana jarak tempat pekerjaan jauh dengan gampong, kedua kerana kebutuhan ekonomi keluarga, ketiga karena faktor pendidik di sekolah yang telah ditetap oleh kerajaan bagi pihak guru. Seterusnya dampak terhadap suami istri adalah Dampak pasangan jarak jauh di Kuala Terengganu. Dilihat dari dampak positif dan nagetifnya bagi pasangan jarak jauh. Dampak positifnya adalah dapat menjaga hubungan baik dan merasa dihargai dengan caranya tersendiri, seperti menghadiahkan sesuatu kepada pasangannya. Menempatkan posisinya dalam kesetiaan dan kepercayaan terhadap pasangannya, dan dapat menghindarkan melakukan perkara tidak baik. Pasangan hubungan jarak jauh di Kuala Terengganu lebih menghargai pasangan lebih mendalam. Dilihat dari dampak nagetif pasangan jarak jauh di Kuala Terengganu, terdapat 5 dampak nagetif yaitu kurangnya komunikasi, dampak kesehatan mental, perselingkuh, sangkaan, perceraian. Seterusnya Pola hubungan suami istri jarak jauh yaitu 5 kewajiban yang di penuhi yaitu Nafkah, menjaga kehormatan, melayani istri, mentaati suami, hadhanah. Semua kewajiban tersebut dapat di penuhi oleh pasangan suami istri di Kuala Terengganu, lalu masing-masing suami istri tersebut dapat mengatasinya sehingga hubungan jarak jauh mereka tetap bertahan dan bahagia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Saudah binti Mat Razali
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:53
Last Modified: 19 Jan 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25752

Actions (login required)

View Item
View Item