Pelaksanaan Program Kerja Panti Asuhan Media Kasih Banda Aceh Dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Pada Anak Asuh

Nanda Nursaidah, 180405026 (2023) Pelaksanaan Program Kerja Panti Asuhan Media Kasih Banda Aceh Dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Pada Anak Asuh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pelaksanaan Program Kerja Panti Asuhan Media Kasih Banda Aceh Dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Pada Anak Asuh] Text (Pelaksanaan Program Kerja Panti Asuhan Media Kasih Banda Aceh Dalam Meningkatkan Perilaku Sosial Pada Anak Asuh)
Nanda Nursaidah, 180405026, FDK, KESOS, 082370211452.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kasus penelantaran yang dialami oleh anak asuh Panti Asuhan Media Kasih Banda Aceh seperti meninggalnya orangtua, konflik keluarga seperti KDRT, perceraian, permasalahan ekonomi keluarga membuat anak tidak mampu dalam berperilaku sosial yang positif. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program kerja Panti Asuhan Media Kasih Banda Aceh dalam meningkatkan perilaku sosial anak asuh, adakah terjadi peningkatan perilaku sosial setelah dilaksanakan program panti dan apa saja yang menjadi kendala dalam pelaksanaan program kerja panti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian yaitu 7 orang dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa untuk meningkatkan perilaku sosial pada anak asuh yaitu dengan menanamkan nilai religius, memberikan bimbingan sosial berupa nasehat-nasehat, melaksanakan kegiatan hiburan yang bersifat edukasi pada anak, serta melibatkan anak asuh dalam pelaksanaan program santunan janda dan lansia dhuafa pada tiap bulannya. Pelaksanaan program tersebut mampu meningkatkan perilaku saling mengormati dan menghargai, sopan santun dan perilaku tolong menolong pada anak asuh. Adapun kendala dalam pelaksanaan program kerja Panti Asuhan Media Kasih Banda Aceh berupa kurangnya kepengurusan, latar belakang anak asuh yang berbeda-beda, kurangnya antusias anak serta pengaruh dari lingkungan luar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nanda Nursaidah
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:06
Last Modified: 20 Jan 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25756

Actions (login required)

View Item
View Item