Kemampuan Membaca Alquran dengan Menerapkan Kaidah Ilmu Tajwid di Kalangan Remaja Desa Lamteungoh Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Khusnul Mahda, 180303012 (2023) Kemampuan Membaca Alquran dengan Menerapkan Kaidah Ilmu Tajwid di Kalangan Remaja Desa Lamteungoh Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Kaidah Ilmu tajwid] Text (Membahas tentang Penerapan Kaidah Ilmu tajwid)
Khusnul Mahda IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Alquran sudah seharusnya dibaca dengan menggunakan kaidah-kaidah tajwid yang telah ada. Akan tetapi masih banyak orang yang belum mampu untuk menerapkannya ke dalam bacaan secara sempurna. Seperti yang terjadi pada remaja Desa Lamteungoh Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Dalam penelitian ini, peneliti ingin melihat sejauh mana pemahaman dan penerapan kaidah ilmu tajwid dalam membaca Alquran pada remaja di Desa Lamteungoh Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Peneliti juga ingin melihat apa saja yang menjadi kendala dan solusi bagi para remaja Desa Lamteungoh dalam membaca Alquran dengan menerapkan kaidah ilmu tajwid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research), data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dokumentasi, dan tes baca Alquran terhadap enam informan terpilih dari remaja Desa Lamteungoh. Kemudian data tersebut diolah secara deskriptif melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman para remaja terhadap kaidah ilmu tajwid adalah beragam. Sebagian remaja memahami kaidah ilmu tajwid secara umum, yaitu mengetahui hukum mad asli yang dibaca panjang dua harakat dan hukum nun sukun/tanwin. Sementara sebagian lainnya tidak memahami kaidah ilmu tajwid secara mendalam hingga pada pembagian-pembagiannya. Namun dalam penerapannya tidak semua remaja mampu untuk membaca Alquran dengan menggunakan kaidah ilmu tajwid. Adapun kendala yang dihadapi para remaja yaitu kesulitan dalam metode pembelajaran, mengingat, dan membedakan materi kaidah ilmu tajwid yang telah diajarkan. Solusi yang diberikan yaitu dengan melakukan pendekatan personal antara pengajar dan murid, kemudian mengadakan kuis atau permainan matching card (mencocokkan kartu) yang diakhiri dengan memberikan reward sebagai bentuk apresiasi bagi murid yang meraih nilai tertinggi.
Kata Kunci: Kemampuan, Penerapan, Kaidah Ilmu Tajwid

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.121 Tajwid
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Khusnul Mahda Mahda
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:35
Last Modified: 19 Jan 2023 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25757

Actions (login required)

View Item
View Item