Kajian Tradisi Panglo Masyarakat Suku Gayo di Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues sebagai Penunjang Mata Kuliah Etnobiologi

Mayni Fitri, 170207116 (2023) Kajian Tradisi Panglo Masyarakat Suku Gayo di Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues sebagai Penunjang Mata Kuliah Etnobiologi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda aceh.

[thumbnail of membahas tentang tradisi] Text (membahas tentang tradisi)
Mayani Fitri, 170207116, FTK, PBL, 082273057903.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tradisi panglo merupakan tradisi dalam bercocok tanam yang mengedepankan bentuk kerja sama antar kaum perempuan dan kaum laki-laki, tanpa adanya imbalan. Pelaksaan tradisi panglo ini masih kerap dilaksanakan hingga sekarang di daerah Aceh, salah satunya adalah pada masyarakat Suku Gayo di Gayo Lues. Referensi yang terkait dengan pembelajaran ini masih minim sehingga perlunya penambahan referensi pada mata kuliah Etnobiologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis tradisi Panglo, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tradisi panglo, dan untuk mengetahui uji kelayakan buku ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara struktural, observasi dan dokumentasi. Pengambilan sampel secara Purposive Sampling, jumlah sampel di Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues adalah 20 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masyarakat Suku Gayo di Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues dengan sampel 4 desa (Desa Cane Uken, Desa Rempelam, Desa Tungel, Desa Tungel Baru) diperoleh sebanyak 11 jenis panglo. Faktor-faktor yang berupa berkurangnya penduduk, penemuan-penemuan baru, pertentangan yang terjadi antara satu orang dengan lainnya, lingkungan alam fisik, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain. Outfut hasil penelitian disajikan dalam bentuk buku. Hasil uji kelayakan buku ajar diperoleh 85,5% sehingga hasil merekomendasi bahwa referensi sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.

Kata kunci: Tradisi Panglo, Kecamatan Rikit Gaib, Etnobiologi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Mayani Fitri Mey
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:14
Last Modified: 19 Jan 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25759

Actions (login required)

View Item
View Item