Pelayanan Sosial Terhadap Anak Cerebral Palsy Di Yayasan Sahabat Difabel Aceh

Revi Salmiati, 180405017 (2023) Pelayanan Sosial Terhadap Anak Cerebral Palsy Di Yayasan Sahabat Difabel Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pelayanan Sosial Terhadap Anak Cerebral Palsy Di Yayasan Sahabat Difabel Aceh] Text (Pelayanan Sosial Terhadap Anak Cerebral Palsy Di Yayasan Sahabat Difabel Aceh)
Revi Salmiati, 180405017, FDK, KESOS, 085294298847.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Yayasan Sahabat Difabel Aceh (YASDA) merupakan lembaga pelayanan untuk anak disabilitas khususnya anak Cerebral Palsy (CP), dikarenakan anak CP merupakan bentuk kelainan saraf yang menyebabkan penderita mengalami penumpukan cairan, sehingga memengaruhi fungsi otak dan jaringan saraf. Keadaan ini mengakibatkan gangguan dalam pergerakan, pembelajaran, pendengaran, penglihatan, sampai dengan kemampuan berpikir mereka. Permasalahan yang di hadapi orang tua dengan anak CP adalah kebanyakan berasal dari keluarga kurang mampu, dan banyak yang tinggal di perdesaan sehingga masih banyak yang tidak mengetahui informasi mengenai penanganan anak CP karena jauh dari pusat layanan kesehatan. Adapun tujuan dari peneliti adalah untuk mengetahui pelayanan apa saja yang diberikan YASDA dan bagaimana dampak setelah diberikan pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian diketahui bahwa pelayanan sosial terhadap anak CP di YASDA dalam bentuk pendidikan seperti pendidikan non formal berupa pemberian edukasi terapi mandiri kepada orang tua anak CP dan rehabilitasi seperti memberikan motivasi, bimbingan fisik atau terapi, pelayanan aksesibilitas atau memberikan kursi roda dan bantuan asistensi sosial untuk anak CP seperti vitamin, susu, pampers, nutrisi. Adapun kendala-kendala yang ditemukan dalam hasil penelitian dalam pemberian pelayanan seperti kurangnya fasilitas yang memadai, kurangnya tenaga fisioterapi dalam menangani anak, kurangnya dukungan orang tua dalam mencegah makanan yang tidak bisa dikonsumsi oleh anak sehingga mengakibatkan terlambatnya tumbuh kembang anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Revi Salmiati
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:06
Last Modified: 20 Jan 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25763

Actions (login required)

View Item
View Item