Analisis Wanprestasi Kontrak Langganan Novia Agency Aceh Tengah dalam Perspektif Sighat Al-'Aqd dalam Jual Beli

Khairan Konadi, 180102147 (2023) Analisis Wanprestasi Kontrak Langganan Novia Agency Aceh Tengah dalam Perspektif Sighat Al-'Aqd dalam Jual Beli. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Novia Agency menurut perspektif sighat al aqd dalam jual beli mengenai kontrak langganan] Text (Novia Agency menurut perspektif sighat al aqd dalam jual beli mengenai kontrak langganan)
KHAIRAN KONADI, 180102147, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pada kontrak langganan surat kabar Novia Agency pihak konsumen terlebih dahulu meminta untuk berlangganan surat kabar, kemudian setelah masuk daftar langganan serta memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan mengenai pelayanan surat kabar. Namun, faktanya seringkali terdapat pelanggaran dalam memenuhi kontrak konsumen dan pihak manajemen yang dilakukan oleh Novia Agency. Seharusnya pihak Novia Agency, misalnya keterlambatan dalam pengantaran surat kabar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk wanprestasi yang dilakukan dalam kontrak Novia Agency Aceh Tengah dan bagaimana penyelesaian wanprestasi yang dilakukan oleh manajemen Novia Agency menurut perspektif sighat al aqd dalam jual beli. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak Novia Agency dan pelanggan dari kalangan masyarakat umum yang melakukan kontrak langganan surat kabar dan majalah. Hasil penelitian menunjukkan wanprestasi terjadi kerena keterlambatan pengantaran yang kerap kali terjadi dan juga karena terlambatnya membayar iuran bulanan. Adapun penyelesaian wanprestasi dilakukan secara damai antara kedua belah pihak, dimana pelanggan harus membayar iuran bulanan serta dengan tunggakan dan juga pihak manajemen Novia Agency akan segera memperbaiki secepatnya mengenai keterlambatan yang kerap kali terjadi. Sedangkan menurut perspektif sighat al aqd dalam jual beli kontrak langganan surat kabar Novia Agency sesuai dalam fiqh muamalah serta penyelesaian wanprestasi sesuai dengan Ash sulh (perdamaian) dalam Hukum Ekonomi Syari’ah dan disarankan kepada kedua belah pihak agar dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut dengan cara baik-baik yaitu melalui jalan damai dan mematuhi isi dari kontrak langganan agar kedua belah pihak tidak merasa dirugikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Khairan Konadi Khairan
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:36
Last Modified: 19 Jan 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25779

Actions (login required)

View Item
View Item