Pelayanan Kesejahteraan Sosial Terhadap Anak Terlantar Pada Lembaga Sos Children’s Villages Banda Aceh

Muhammad Arfi Fahreza, 180405015 (2023) Pelayanan Kesejahteraan Sosial Terhadap Anak Terlantar Pada Lembaga Sos Children’s Villages Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pelayanan Kesejahteraan Sosial Terhadap Anak Terlantar Pada Lembaga Sos Children’s Villages Banda Aceh] Text (Pelayanan Kesejahteraan Sosial Terhadap Anak Terlantar Pada Lembaga Sos Children’s Villages Banda Aceh)
Muhammad Arfi Fahreza, 180405015, FDK, KESOS, 0895600735257.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Anak adalah generasi penerus bangsa. Masa depan suatu Negara di tentukan oleh anak. Anak memiliki kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, karena anak adalah tunas yang akan tumbuh dan berkembang menjadi bagian dalam rangka mencapai cita-cita bangsa. Namun kenyataan yang ada sering kali tidak seperti yang di harapkan. Banyak sekali anak-anak yang menyandang masalah kesejahteraan sosial, seperti maraknya anak terlantar. Dengan begitu agar tumbuh kembang anak-anak terlantar ini tidak terhambat dan berkembang secara wajar, maka orangtua, masyarakat, dan pemerintah harus mampu memberikan pelayanan sosial yang terbaik bagi anak-anak ini. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan apa saja yang ada pada Lembaga SOS Children’s Villages Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, Pelayanan sosial pada dasarnya untuk mencegah serta menanggulangi masalah-masalah sosial yang terkait dengan kesejahteraan sosial bagi individu, kelompok ataupun masyarakat. Pelayanan sosial terdiri dari program-program yang telah disediakan oleh pihak lembaga kesejahteraan sosial, setiap lembaga memiliki program atau pelayanan yang berbeda. Penelitian ini digunakan untuk memperoleh informasi mengenai proses pelayanan anak terlantar di SOS Chilldren’s Villages Banda aceh. Berdasarkan hasil penelitian terdapat proses pelayanan yang ada pada Lembaga SOS Children’s Villages Banda Aceh sebagai berikut. (1) family base care, (2) Family strengthening program,(3) Kindship Care, (4) Foster Care. SOS Children’s Villages meyakini bahwa setiap anak, baik yang tinggal dengan keluarga biologisnya ataupun dalam pengasuhan alternative, memiliki hak yang sama untuk bisa merasakan hubungan yang positif, kuat, permanen, dan penuh kasih sayang yang dibutuhkan untuk mengembangkan pribadinya secara utuh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Arfi Fahreza
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:04
Last Modified: 20 Jan 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25782

Actions (login required)

View Item
View Item