Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswapada Mata Pelajaran PAI SMP Negeri 1 Tapaktuan Aceh Selatan

M. Fazar Iswandi, 150201171 (2023) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswapada Mata Pelajaran PAI SMP Negeri 1 Tapaktuan Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswapada Mata Pelajaran PAI  SMP Negeri 1 Tapaktuan Aceh Selatan] Text (Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswapada Mata Pelajaran PAI SMP Negeri 1 Tapaktuan Aceh Selatan)
M.Fazar Iswandi, 150201171, FTK, PAI, 082361796020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasiawal di lapangan, ketika proses pembelajaran berlangsung masih ada siswa yang kurang berminat mengikuti pembelajaran agama Islam. Rumusan Permasalahan dalam observasi pada skripsi ini, yaitu: pertama bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam, kedua hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam. observasi ini merupakan penggabungan dua pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed methods). teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara yang dilakukan dengan satu orang Guru PAI, kepala sekolah, angket yang dibagikan ke 14 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapaktuan. Hasil observasi menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Tapaktuan bahwa guru Pendidikan Agama Islam menasehati siswa sebelum memulai pembelajaran berlangsung hasil angket menunjukkan bahwa sebanyak 78,57% menyatakan ada, 21,42% menyatakan kadang-kadang, 0% menyatakan tidak. hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam angket menunjukan bahwa 5 responden atau 35,71% menyatakan kadang-kadang, dan 0 responden atau 0% menyatakan tidak. Dengan demikian, strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Tapaktuan sangat berpengaruh bagi semangat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Fazar Iswandi
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:33
Last Modified: 24 Jan 2023 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25788

Actions (login required)

View Item
View Item