Toleransi Umat Beragama Dan Pendirian Rumah Ibadah (Studi kasus di Gayo Lues)

Rini Lismeiliani, 180302027 (2023) Toleransi Umat Beragama Dan Pendirian Rumah Ibadah (Studi kasus di Gayo Lues). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Toleransi Umat Beragama Dan Pendirian Rumah Ibadah (Studi kasus di Gayo Lues)] Text (Toleransi Umat Beragama Dan Pendirian Rumah Ibadah (Studi kasus di Gayo Lues))
Rini Lismeiliani, 180302027, FUF, SAA, 085275465733.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang multikultural, yaitu negara yang memiliki beraneka ragam suku, budaya dan juga agama. Masyarakat Indonesia juga merupakan masyarakat yang majmuk, yaitu suatu kondisi dimasyarakat yang terdiri dari berbagai perbedaan strata, ekonomi, ras, suku, bangsa, agama dan budaya. Seringkali perbedaan dan keragaman ini rentan akan konflik, terutama konflik yang diakibatkan oleh sikap intoleransi. Konflik yang timbul akibat sikap toleransi ini akan merusak nilai-nilai kerukunan yang ada di Indonesia terutama kerukunan antar umat beragama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai toleransi umat beragama dan pendirian rumah ibadah yang ada di Kabupaten Gayo Lues. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif (field research) yang berbasis pada penelitian lapangan dan berfokus pada pengamatan yang mendalam, metode ini digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dan menggunakan sistem pengumpulan data dengan tahapan observasi, wawancara dan kemudian dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai toleransi yang diterapkan masyarakat Gayo Lues berupa rasa hormat, menghargai dan menerima perbedaan, kemudian minimnya kasus atau konflik yang terjadi di Gayo Lues menunjukkan bahwa masyarakat Gayo Lues sudah menerapkan nilai-nilai toleransi. Sejauh ini belum pernah terjadi kasus atau konflik antar umat beragama di Gayo lues

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Rini Lismeiliani
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:13
Last Modified: 20 Jan 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25793

Actions (login required)

View Item
View Item