Penerapan Metode Tipe Jigsaw Pada Materi Hormat Dan Taat Kepada Orangtua Dan Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX A Di SMPN 15 Takengon

Rahma Yanti, 180201057 (2023) Penerapan Metode Tipe Jigsaw Pada Materi Hormat Dan Taat Kepada Orangtua Dan Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX A Di SMPN 15 Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Tipe Jigsaw Pada Materi Hormat Dan Taat Kepada Orangtua Dan Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX A Di SMPN 15 Takengon] Text (Penerapan Metode Tipe Jigsaw Pada Materi Hormat Dan Taat Kepada Orangtua Dan Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX A Di SMPN 15 Takengon)
Rahma Yanti, 180201057, FTK, PAI, 085290507982.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Metode tipe Jigsaw merupakan menitik beratkan pada kerja kelompok adanya kelompok asal dan kelompok ahli yang membuat peserta didik menjadi aktif di saat pembelajaran berlangsung. Di SMPN 15 Takengon khususnya di kelas IX A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hasil belajar peserta didik masih dibawah standar ketuntasan minimal, dikarenakan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan melalui metode ceramah, yang menyebabkan peserta didik cenderung jenuh, bosan dan pasif dalam belajar, ketertarikan belajar pada peserta didik sangat berpengaruh tanpa menggunakan metode yang bervariasi tentu berdampak terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik dan kendala dalam penerapan metode tipe Jigsaw kelas IX A di SMPN 15 Takengon. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah berjumlah 18 peserta didik, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes kemampuan peserta didik. Teknik analisis data observasi aktivitas guru dan peserta didik dalam menganalisis pengamatan terhadap aktivitas guru dan peserta didik yang telah diamati setelah proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualifikasi penerapan metode tipe Jigsaw aktivitas guru pada siklus I dikategorikan “baik: dengan hasil perolehan nilai 86,7 dan pada siklus II meningkat menjadi “amat baik” dengan hasil perolehan nilai 94,1. Adapun kualifikasi aktivitas peserta didik pada siklus I “kurang” dengan hasil perolehan nilai rata-rata 74,5 dan pada siklus II meningkat menjadi “baik” dengan hasil perolehan nilai rata-rata 90,1. (2) penerapan metode tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran materi hormat dan taat kepada orangtua dan guru. Hal ini dibuktikan bahwa ada peningkatan pada ketuntasan hasil belajar peserta didik, yaitu memperoleh nilai rata-rata pra-siklus 40,6 “kurang”, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata “ kurang” 66,7 meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata “baik” 86,7. Serta terdapat beberapa kendala yaitu masalah keterbatasan waktu diskusi, masalah dengan peserta didik yang lambat menangkap materi, masalah dengan peserta didik yang dominan aktif, dan masalah kerjasama antara kelompok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Yanti
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:08
Last Modified: 20 Jan 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25821

Actions (login required)

View Item
View Item