Perjuangan Abu Bakar Aman Dimot Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Tika Silvia, 180501012 (2022) Perjuangan Abu Bakar Aman Dimot Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perjuangan Abu Bakar Aman Dimot Dalam  Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia] Text (Perjuangan Abu Bakar Aman Dimot Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia)
Tika Silvia, 180501012, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perjuangan Abu Bakar Aman Dimot dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia”. Abu Bakar Aman Dimot merupakan salah satu pejuang untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dalam melawan penjajah Belanda yang berasal dari Tenamak Kecamatan Linge, Kabupeten Aceh Tengah. Tulisan ini bertujuan untuk mensdeskripsikan tentang sejarah hidup Abu Bakar Aman Dimot serta perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Adapun metode yang digunakan di dalam penulisan ini menggunakan metode Historis yaitu mengumpulkan sumber-sumber sejarah secara efektif, menilainya secara kritis, dan menyajikan suatu sintesis tertulis atas hasil yang dicapai. dalam penelitian ini juga lebih memfokuskan kepada metode sejarah lisan. Adapun hasil penelitian dalam tulisan ini adalah Abu Bakar Aman Dimot merupakan pejuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang lahir pada tahun 1900. Abu Bakar Aman Dimot berjuang melawan penjajah Belanda dalam Agresi Mliter Belanda I di Medan Area dan Agresi Militer Belanda II Tanah Karo. Ia berjuang dengan penuh semangat dalam membela Agama, Negara dan bangsa maupun masyarakat Aceh yang merasa terdzalimi dan sebagai korban pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) oleh Belanda. Alasan ia berjuang yaitu untuk membela negara serta mempertahankan tanah kelahirannya dan membalas dendam kepada Belanda yang telah membunuh keluarganya. Berdasarkan hasil dokumen dan hasil wawancara mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang disimpan keluarganya, ia adalah salah satu sosok pejuang yang sangat berpengaruh dalam mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Adapun dokumen yang di dapatkan yaitu penghargaan Abu Bakar Aman Dimot yang diberikan oleh pemerintah Aceh Tengah dan kartu Tanda Penduduk yang dimiliki para pejuang pada masa itu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 900 Geography and History > 908 Sejarah yang berkaitan dengan jenis orang
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Tika Silvia Tika
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:46
Last Modified: 20 Jan 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25831

Actions (login required)

View Item
View Item