Penerapan Model Jigsaw Dengan Menggunakan LCD Proyektor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran tematik Di Kelas V MIN 1 Aceh Jaya

Isna Rivaul Mawaddah, 180209117 (2022) Penerapan Model Jigsaw Dengan Menggunakan LCD Proyektor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran tematik Di Kelas V MIN 1 Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hasil Belajar] Text (Hasil Belajar)
Isna Rivaul Mawaddah, 180209117, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi langsung di kelas V/a MIN 1 Aceh Jaya pada proses pembelajaran tematik, peneliti menemukan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik masih sangat kurang, masih banyak peserta didik yang tidak aktif, tidak fokus dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Ini disebabkan karena model dan media yang diterapkan oleh guru masih kurang efektif dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, guru perlu untuk lebih meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Jigsaw dengan menggunakan LCD Proyektor. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model jigsaw pada pembelajaran tematik dengan menggunakan LCD Proyektor di kelas V MIN 1 Aceh Jaya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa lembar observasi guru dan siswa. Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan penerapan model Jigsaw dengan menggunakan LCD Proyektor untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Aceh Jaya. Adapun nilai yang diperoleh menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 62,5% dan meningkat pada Siklus II yaitu 90% sedangkan pada aktivitas peserta didik siklus I yaitu 66,66% dan meningkat pada siklus II yaitu 90%. Pada hasil belajar peserta didik siklus I yaitu 75% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 90%. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa dengan menerapkan model Jigsaw pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Isna Rivaul Mawaddah Isna
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:47
Last Modified: 20 Jan 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25833

Actions (login required)

View Item
View Item