Strategi Guru Dalam Penilaian Sikap Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 27 Aceh Besar

Siti Anisa, 180209011 (2023) Strategi Guru Dalam Penilaian Sikap Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 27 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Penilaian Sikap Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 27 Aceh Besar] Text (Strategi Guru Dalam Penilaian Sikap Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 27 Aceh Besar)
Siti Anisa, 180209011, FTK, PGMI, 082276034518.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Strategi guru adalah tindakan guru dalam melaksanakan rencana pembelajaran dan Penilaian sikap sosial dilakukan untuk membentuk sikap sosial siswa yang mampu menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada MIN 27 Aceh Besar diperoleh informasi bahwa masih ada beberapa siswa yang memiliki tingkah laku kurang baik seperti kurangnya sopan santun, suka mengganggu teman, tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan, kurangnya sosialisasi terhadap orang baru dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam penilaian sikap siswa pada pembelajaran tematik dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam penilaian sikap siswa pada pembelajaran tematik di MIN 27 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi guru dalam penilaian sikap siswa pada pembelajaran tematik di MIN 27 Aceh Besar ialah menggunakan “kontrak belajar”setiap guru memiliki strategi dalam penilaian sikap siswanya, khususnya pada penilaian pembelajaran tematik, agar penilaian sikap siswa menjadi tampak maka para guru membuat strategi kontrak belajar dengan siswa di kelas. (2) Kendala yang dihadapi guru dalam penilaian sikap siswa pada pembelajaran tematik di MIN 27 Aceh Besar ialah terkendala waktu, karena para guru tidak bisa memberi penilaian sekaligus pada semua siswa saat pembelajaran di kelas, terkadang guru mengambil penilaian yang menonjol dari setiap siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasanya strategi guru dalam penilaian sikap siswa pada pembelajaran tematik dapat terlaksana menjadi lebih baik serta penilaian poin yang bagus dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Anisa
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:13
Last Modified: 20 Jan 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25836

Actions (login required)

View Item
View Item