Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Konsep Tekanan Zat Cair di SMP Negeri 1 Darussalam

Miftahul Fauzi, 251121345 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Konsep Tekanan Zat Cair di SMP Negeri 1 Darussalam. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Miftahul Fauzi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (700kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang di lakukan di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Konsep Tekanan Zat Cair di SMP Negeri 1 Darussalam”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaiman pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada konsep Tekanan di SMP Negeri 1 Darussalam dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi-Experimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Sampling Purposive sehingga diperoleh kelas VIII3 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII 5 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan angket respon. Analisis data dengan menggunakan rumus ststistik uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar dan N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dimana thitung =9,40 dan ttabel = 1,68, artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains. Dari Hasil presentase analisis aspek KPS siswa pada kelas eksperimen paling menonjol dibandingkan kelas kontrol. Respon siswa terhadap pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada konsep tekanan zat cair sangat baik. Hal ini terlihat dari presentase jawaban siswa yang menjawab ya 86% dan yamg tidak 14%.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing: 1.Gunawati 2.Arusman
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, inkuri, Proses sain
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Miftahul Fauzi
Date Deposited: 22 Feb 2018 08:44
Last Modified: 22 Feb 2018 08:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2584

Actions (login required)

View Item
View Item