Miftahul Fauzi, 251121345 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Konsep Tekanan Zat Cair di SMP Negeri 1 Darussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Miftahul Fauzi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB) | Preview
From B dan From D.pdf
Download (700kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang di lakukan di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Konsep Tekanan Zat Cair di SMP Negeri 1 Darussalam”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaiman pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada konsep Tekanan di SMP Negeri 1 Darussalam dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi-Experimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Sampling Purposive sehingga diperoleh kelas VIII3 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII 5 yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan angket respon. Analisis data dengan menggunakan rumus ststistik uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar dan N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dimana thitung =9,40 dan ttabel = 1,68, artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains. Dari Hasil presentase analisis aspek KPS siswa pada kelas eksperimen paling menonjol dibandingkan kelas kontrol. Respon siswa terhadap pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada konsep tekanan zat cair sangat baik. Hal ini terlihat dari presentase jawaban siswa yang menjawab ya 86% dan yamg tidak 14%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Gunawati 2.Arusman |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, inkuri, Proses sain |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Miftahul Fauzi |
Date Deposited: | 22 Feb 2018 08:44 |
Last Modified: | 22 Feb 2018 08:45 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2584 |