Hubungan Harga Diri Dengan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonisme Pada Mahasiswa Sumatera Barat Yang Kuliah Di Banda Aceh.

Nabila Angela Taufa, 180901079 (2023) Hubungan Harga Diri Dengan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonisme Pada Mahasiswa Sumatera Barat Yang Kuliah Di Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Harga Diri Dengan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonisme Pada Mahasiswa Sumatera Barat Yang Kuliah Di Banda Aceh] Text (Hubungan Harga Diri Dengan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonisme Pada Mahasiswa Sumatera Barat Yang Kuliah Di Banda Aceh)
Nabila Angela Taufa, 180901079, PSI, PSI, 081279033489.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Mahasiswa merupakan subjek yang menuntut ilmu di perguruan tinggi yang tidak akan pernah terlepas dari aktivitas, belajar dan tugas-tugas studi. Mahasiswa yang umumnya berada pada tahap remaja akhir menuju dewasa (emerging adulthood) cenderung memilih penampilan, perilaku dan cara bersikap yang akan menarik perhatian orang lain terutama perkumpulan teman sebaya, dengan begitu mahasiswa akan cenderung berperilaku yang hedonisme. Salah satu faktor yang mempengaruhi gaya hidup hedonisme adanya harga diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan harga diri dengan gaya hidup hedonisme pada mahasiswa Sumatera Barat yang kuliah di Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel mengunakan teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Sumatera Barat yang kuliah di Banda Aceh sebanyak 420 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala harga diri dan skala gaya hidup hedonism. Hipotesis dalam penelitian ini mengunakan teknik Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara harga diri dengan gaya hidup hedonisme pada mahasiswa Sumatera Barat yang kuliah di Banda Aceh sebesar -0,566 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000, yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya semakin tinggi harga diri maka semakin rendah gaya hidup hedonisme pada mahasiswa, begitu juga sebaliknya semakin rendah harga diri maka semakin tinggi pula gaya hidup hedonisme pada mahasiswa Sumatera Barat yang kuliah di Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Harga Diri, Gaya Hidup Hedonisme, Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nabila Angela Taufa Nabila
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:17
Last Modified: 24 Jan 2023 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25855

Actions (login required)

View Item
View Item