Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di MIN 5 Banda Aceh

Elsa Pebriyani, 180209023 (2023) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di MIN 5 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di MIN 5 Banda Aceh] Text (Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di MIN 5 Banda Aceh)
Elsa Pebriyani, 180209023, FTK, PGMI, 081348766354.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pengamatan peneliti siswa di kelas IV-A MIN 5 Banda Aceh memiliki beberapa karakteristik yaitu : kurang aktif, sulit untuk fokus, dan menyukai sesuatu yang baru. Selain hal tersebut, peneliti juga menemukan fakta bahwa siswa kelas IV MIN 5 Banda Aceh memiliki kemampuan heterogen dimana terdapat perbedaan kemampuan antar siswa. Siswa yang memiliki kemampuan belajar relatif tinggi akan mudah menguasai pembelajaran. Sedangkan siswa dengan kemampuan belajar rendah cenderung pasif dan kurang bisa dalam memahami pelajaran.Sehingga terdapat siswa yang mendapatkan hasil belajar tinggi namun juga terdapat siswa dengan hasil belajar rendah di bawahKKM.maka dapat ditetapkan beberapa rumusan masalah sebagai berikut :Bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri5 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmendeskripsikanaktivitasguru, aktivitas siswa serta hasil belajar dalam meningkatkan siswa melalui penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian dilakukan dalam dua siklus.Pada setiap pertemuan dilaksanakan tahap-tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, sedangkan pengumpulan data hasil penelitian menggunakan teknik tes.Data tes merupakan hasil tes formatif pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru meningkat pada setiap siklus, siklus I yaitu 2,7, siklus II yaitu 3,42. Hasil belajar siswa juga meningkat dalam setiap siklus. Siklus I ialah 2,71 dan pada siklus II 3,38. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Elsa Pebriyani
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:13
Last Modified: 20 Jan 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25860

Actions (login required)

View Item
View Item