Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di SMAN 1 Teupah Tengah Kabupaten Simeulue.

Malahayati, 170207120 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di SMAN 1 Teupah Tengah Kabupaten Simeulue. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Pada  Materi Sistem Pernapasan Manusia Di SMAN 1  Teupah Tengah Kabupaten Simeulue] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di SMAN 1 Teupah Tengah Kabupaten Simeulue)
Malahayati, 170207120, FTK, PBL, 082211661504.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran Biologi di SMAN 1 Teupah Tengah Kabupaten Simeulue masih didominasi oleh guru sebagai narasumber, dengan adanya media pembelajaran dapat memudahkan berlangsungnya kegiatan belajar. Media pembelajaran flipchart pada materi sistem pernapasan ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pendukung pembelajaran yang digunakan pada saat proses belajar mengajar berlangsung di SMAN 1 Teupah Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, menguji kelayakan media pembelajaran flipchart dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik, 2 ahli media dan 2 ahli materi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Teknik pengumpulan data menggunkan lembar validasi ahli media, ahli materi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran berdasarkan kualitas media dan materi diperoleh hasil keseluruhan nilai validasi dengan kriteria kevalidan yaitu 85,23% mendapat hasil sangat layak . Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipchart pada Materi Sistem Pernapasan di SMAN 1 Teupah Tengah Kabupaten Simeulue sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart, Sistem Pernapasan, Kelayakan, Respon Peserta didik.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Malahayati Mala
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:14
Last Modified: 20 Jan 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25861

Actions (login required)

View Item
View Item