Pengaruh Pemberian Infused Water Jahe (Zingiber officinale) Dan Kunyit (Curcuma longa) Terhadap Perkembangan Fetus Mencit (Mus musculus).

Novia Illyin, 160703085 (2023) Pengaruh Pemberian Infused Water Jahe (Zingiber officinale) Dan Kunyit (Curcuma longa) Terhadap Perkembangan Fetus Mencit (Mus musculus). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Pemberian Infused Water Jahe (Zingiber officinale) Dan Kunyit (Curcuma longa) Terhadap Perkembangan  Fetus Mencit (Mus musculus)] Text (Pengaruh Pemberian Infused Water Jahe (Zingiber officinale) Dan Kunyit (Curcuma longa) Terhadap Perkembangan Fetus Mencit (Mus musculus))
Novia Illyin, 160703085, FST, BIO, 081286349858.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Infused water memberikan sensasi minum air dengan aroma terapi dari bahan yang dicampurkan. Herbal dan rimpang yang sering digunakan untuk membuat infused water adalah jahe (Zingiber officinale) dan kunyit (Curcuma longa). Jahe dan kunyit memiliki kandungan flavonoid yang memberikan sensasi pedas yang diketahui banyak menjadi penyebab masalah pada perkembangan fetus, mengurangi implantasi dan masalah pada kehamilan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian infused water jahe dan kunyit serta jenis infused water manakah yang dapat memberikan efek teratogenik pada perkembangan fetus mencit. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen menggunakan 20 ekor mencit betina dengan kebuntingan 0 hari dan berat badan 20-35 gram. Hewan uji dibagi menjadi 4 kelompok yaitu, infused water jahe dan kunyit, infused water jahe, infused water kunyit dan 1 kelompok kontrol yang diberikan air minum mencit. Pemberian infused water jahe dan kunyit dilakukan secara oral menggunakan sonde sebanyak 0.2 ml/ekor/hari sesuai dengan jumlah volume pemberian. Hasil penelitian yang telah dlakukan menunjukkan bahwa infused water jahe dan kunyit dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan fetus mencit, akan tetapi infused water jahe memberikan dampak teratogenik yang lebih besar dari 2 kelompok perlakuan lainnya, seperti abnormalitas berupa hemorag, jumlah kematian yang tinggi, berat bobot dan panjang fetus yang tidak sesuai dengan ukuran normal pada umumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Infused water, jahe, kunyit, teratogenik, fetus, mencit.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Novia Illyin
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:39
Last Modified: 20 Jan 2023 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25865

Actions (login required)

View Item
View Item