Penerapan Media Buku Berjenjang Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III MIN 10 Aceh Tenggara

Nila Kasuma, 180209104 (2023) Penerapan Media Buku Berjenjang Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III MIN 10 Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Buku Berjenjang Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III MIN 10 Aceh Tenggara] Text (Penerapan Media Buku Berjenjang Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III MIN 10 Aceh Tenggara)
Nila Kasuma, 180209104, FTK, PGMI, 082277380834.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi dilapangan adalah ditemukan rendahnya minat baca siswa. Hal ini terjadi karena siswa tidak memiliki minat baca yang memadai dan mengakibatkan siswa tidak mau mengikuti arahan-arahan dari guru disaat mereka diarahkan untuk membaca pada saat pembelajaran berlangsung, sebagian besar siswa tidak merespon atau tidak memperhatikan terhadap apa yang diajarkan guru. peneliti juga menemukan kurangnya alat bantu pemebelajaran seperti media pembelajaran yang menjadi salah satu penyebab kurangnya minat siswa dalam membaca. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan minat baca siswa kelas III Min 10 Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data hasil penelitian ini diperoleh menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar angket untuk mengetahui minat baca siswa menggunakan buku berjenjang. kemudian data ini menggunakan rumus skor angket atau rumus persentase. Hasil analisis yang diperoleh pada aktivitas guru siklus I adalah 57,5%, pada siklus II 72,5%, dan pada siklus III 96,75%. Hasil analisis aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 58,75%, pada siklus II 71,25%, dan pada siklus III 97,5%. Persentase minat baca siswa menggunkan media buku berjenjang pada siklus I medaparkan rata-rata 68, siklus II 70, dan siklus III 87. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku berjenjang dapat meningkatkan minat baca siswa dan menarik perhatian siswa untuk membaca dan lebih mencintai kegiatan membaca

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nila Kasuma
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:39
Last Modified: 20 Jan 2023 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25867

Actions (login required)

View Item
View Item