Tauhid Aktual (Refleksi Iman dalam Tindakan)

Samsul Bahri, 2006057001 (2022) Tauhid Aktual (Refleksi Iman dalam Tindakan). 1 ed. Merdeka Kreasi, Medan. ISBN 978-623-5408-27-9

[thumbnail of Buku Tauhid Aktual : Refleksi Iman dalam Tindakan] Text (Buku Tauhid Aktual : Refleksi Iman dalam Tindakan)
Buku Tauhid Aktual Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Buku ini ditujukan untuk mengupayakan sinkronisasi antara ajaran keimanan dalam Ilmu Tauhid dengan tantangan kontemporer. Tema bahasan dibatasi pada cakupan persoalan yang sejauh ini dipandang sebagai bagian yang disepakati (muttafaq) di kalangan para ahli dari berbagai mazhab dan aliran. Bahasan terkait tema-tema tersebut ditelusuri dalam sumber-sumber norma utama Islam; al-Qur’an dan hadis, dan diupayakan penginterpretasiannya guna penyesuaiannya dengan kebutuhan kekinian. Ayat-ayat al-Qur’an yang berkenaan akan ditafsirkan secara ringkas baik sisi tekstualnya maupun kontekstual. Penafsiran tekstual lebih banyak merefer kepada karya-karya tafsir para ulama yang mengikuti sumber penafsiran ma’thūr (riwayat). Akan halnya penafsiran kontekstual akan menggunakan instrumen munāsabah (pelacakan keterkaitan antar ayat-ayat al-Qur’an) sebagai alat bantu utama. Hadis-hadis yang dikutip sedapat mungkin dipilih dari sumber-sumber hadis utama yang otoritatif seperti kitab-kitab ṣaḥīḥ dan sunan sehingga peluang perdebatan kesumberan dapat diminimalisasi.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297.2 Teologi Dokrin Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Samsul Bahri Samsul
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:28
Last Modified: 25 Apr 2023 04:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25874

Actions (login required)

View Item
View Item