Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Penipuan Online Di Polda Aceh

Arief Budiansyah, 150106041 (2023) Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Penipuan Online Di Polda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Penipuan Online Di Polda Aceh] Text (Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Penipuan Online Di Polda Aceh)
Arif Budianysah, 150106041, FSH, IH, 089526584950.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penipuan Online adalah yang dapat mengacu pada aktivitas kejahatan yang dimana perbuatan tersebut dapat menggunakan jaringan atau komputer sebagai sarana atau alat untuk melakukan suatu kejahatan, perbuatan yang melawan hukum yang di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab atas tingkah laku yang di lakukan melalui media internet, termasuk didalamnya antara lain adalah penipuan pada jual- beli, transaksi dan atau mencuri suatu data dari pihak lain, dimana hal tersebut dapat menggunakan jaringan komputer E-Commerce. Dimana faktor penyebab utamanya adalah faktor masyarakatnya sendiri, faktor budaya,dan faktor sarana dan fasilitas, dari berbagai kejahatan penipuan online Polda Aceh telah melakukan berbagai macam upaya antara lain, melakukan penindaan terhadap kejahatan pelaku, melacak keberadaan pelaku, pemblokiran nomor rekening pelaku, melakukan penindaan dan daya kerja di berbagai institusi yang berkaitan dengan tindak pidana, serta upaya lainya adalah dengan memberikan himbauan kepada masyarakat menggunakan media internet. Tujuan pada penelitian ini pada dasarnya adalah adalah untuk mengetahui peranan Polda Aceh dalam mengungkap kebenaran dari faktor penyebab terjadinya penipuan online tersebut. Serta bagaimana upaya penegakan dan pencegahan terhadap kejahatan penipuan online yang terjadi di Kota Banda Aceh. Penulis mengambil lokasi penelitian di Polda Aceh, metode penelitian adalah metode penelitian lapangan (field research) yaitu dengan mengumpulkan sejumlah data yang berkaitan dengan topik penelitian, serta melakukan wawancara dan studi kepustakaaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Arief Budiansyah Arief
Date Deposited: 20 Jan 2023 04:03
Last Modified: 20 Jan 2023 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25879

Actions (login required)

View Item
View Item