Pembelajaran Imla’ Manqul Dengan Menggunakan Media Vidio Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Kitabah (Study Eksperimen Di MTsN 4 Banda Aceh

Nisa ul Anbiya, 170202092 (2023) Pembelajaran Imla’ Manqul Dengan Menggunakan Media Vidio Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Kitabah (Study Eksperimen Di MTsN 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pembelajaran Imla’ Manqul Dengan Menggunakan Media Vidio Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Kitabah (Study Eksperimen Di MTsN 4 Banda Aceh] Text (Pembelajaran Imla’ Manqul Dengan Menggunakan Media Vidio Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Kitabah (Study Eksperimen Di MTsN 4 Banda Aceh)
Nisa Ul Anbiya, 170202092, FTK, PBA, 082211398197.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Peneliti memilih penelitian ini karena beberapa siswa di MTsN 4 Banda Aceh masih lemah dalam menulis huruf arab dengan benar dan baik. Oleh karena itu, peneliti ingin mengajarkan imla’ melalui sarana video untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan penggunaan media video dalam pembelajaran imla’ manqul untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dimana peneliti mengajarkan sendiri ejaan yang ditransmisikan dengan menggunakan media video. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MTsN 4 Banda Aceh, dan peneliti mengambil sampel siswa kelas II “A” yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Peneliti menggunakan metode analisis data statistik Wilcoxen Sign Ranks Test. Hasil penelitian adalah bahwa pembelajaran imla’ manqul dengan menggunakan media video efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di MTsN 4 Banda Aceh, dibuktikan dengan hasil tingkat signifikansi Asymp sig (2-tailed) 0,000 yang lebih kecil dari signifikansi tingkat 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nisa ul Anbiya
Date Deposited: 20 Jan 2023 04:10
Last Modified: 20 Jan 2023 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25880

Actions (login required)

View Item
View Item