Dampak Dana Desa Terhadap Pembangunan Infrastruktur Di Desa Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan

Anwar Fadli Parda, 170801075 (2023) Dampak Dana Desa Terhadap Pembangunan Infrastruktur Di Desa Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Dampak Dana Desa Terhadap Pembangunan Infrastruktur Di Desa Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan] Text (Dampak Dana Desa Terhadap Pembangunan Infrastruktur Di Desa Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan)
Anwar Fadli Parda, 170801075, FISIP, IP, 082277313453.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Hasil studi awal membuktikan bahwa dana desa setiap tahun di desa Lawe Sawah mengalami peningkatan dan penurunan. Kebermanfaatan adanya dana desa dapat meningkatkan berbagai pembangunan infrastruktur, Namun masih ada beberapa pembangunan yang belum direalisasikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana dampak dana desa terhadap pembangunan infrastruktur di Desa Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan?, dan (2) apa saja kendala atau hambatan dalam pelaksanaan realisasi dana desa terhadap pembangunan di Desa Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana desa memberikan pengaruh atau dampak positif terhadap pembangunan desa atau Desa Lawe Sawah, Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Dialokasikan untuk program pembangunan yang dapat diakses bagi kalangan masyarakat seperti irigasi, pembuatan saluran pipa air bersih, jembatan penghubung antara desa dengan perkebunan, pengerasan jalan, PAUD, dan gedung taruna. Namun, sejak akhir tahun 2019 mengharuskan dana desa lebih diutamakan untuk menangani Covid-19, sehingga beberapa program yang tertunda akan dilanjutkan pada tahun 2022. Oleh karena itu, secara keseluruhan dana desa mampu mempengaruhi pembangunan desa dengan baik.
Kata Kunci: Dana Desa & Pembangunan Infrastruktur

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Anwar Fadli Parda
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:35
Last Modified: 24 Jan 2023 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25889

Actions (login required)

View Item
View Item