Kekerasan Psikis Orang Tua Terhadap Anak Perempuan Dalam Rumah Tangga (Studi Kasus di Desa Ulee Lueng, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar)

Nur Aida, 180305075 (2023) Kekerasan Psikis Orang Tua Terhadap Anak Perempuan Dalam Rumah Tangga (Studi Kasus di Desa Ulee Lueng, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Kekerasan Psikis Orang Tua Terhadap Anak Perempuan Dalam Rumah Tangga (Studi Kasus di Desa Ulee Lueng, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar)] Text (Kekerasan Psikis Orang Tua Terhadap Anak Perempuan Dalam Rumah Tangga (Studi Kasus di Desa Ulee Lueng, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar))
Nur Aida, 180305075, FUF, SA, 082321198509.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Fenomena kekerasan merupakan suatu tindakan atau perbuatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang yang dapat menyebabkan cedera atau matinya orang lain ataupun dapat menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain.Awal Januari tahun 2021 kekerasan dalam rumah tangga mendominasikan kasus kekerasan tertinggi di provinsi Aceh. Kekerasan yang terjadi mencapai 594 kasus, dengan kasus KDRT sebanyak 213, kekerasan psikis 125 kasus. Kekerasan tidak hanya terjadi dilingkungan masyarakat, akan tetapi juga dalam rumah tangga, cenderungnya anak yang sering kali menjadi korban dari kekerasan, baik dari segi fisik, verbal dan psikis. Di Desa Ulee Lueng terjadi KDRT 7 kasus pada tahun 2019, 1 kasus tahun 2020 dan 8 kasus tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa latarbelakang terjadinya kekerasan psikis dalam rumah tangga meliputi beberapa faktor, diantaranya adalah pola asuh orang tua yang otoriter, kekhawatiran orang tua yang berlebihan, tuntutan orang tua, perbandingan anak laki-laki dan perempuan. Dan dampak kekerasan psikis orang tua terhadap anak perempuan diantaranya yaitu trauma berkepanjangan, dan rasa percaya diri yang rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Nur Aida
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:24
Last Modified: 24 Jan 2023 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25904

Actions (login required)

View Item
View Item