Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Digital Pada Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas III SD Negeri Lamreung Aceh Besar

Siti Samsidar, 190209046 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Digital Pada Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas III SD Negeri Lamreung Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Digital Pada Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas III SD Negeri Lamreung Aceh Besar] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Digital Pada Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas III SD Negeri Lamreung Aceh Besar)
Siti Samsidar, 190209046, FTK, PGMI, 082298877228.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran, dan terdapat siswa yang tidak memahami materi pembelajaran salah satunya materi dongeng. Tujuan penelitian ini, yaitu; (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Pop Up Book digital pada materi dongeng; (2) untuk menganalisis respon guru di kelas III terhadap kelayakan media pembelajaran Pop Up Book digital pada materi dongeng yang sedang dikembangkan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop Up Book digital pada materi dongeng di kelas III SD Negeri Lamreung Aceh Besar sudah memenuhi kategori sangat layak berdasarkan hasil validasi terhadap media, maka diperoleh skor 94% dan hasil validasi materi diperoleh skor 94% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan data hasil respon dua orang guru kelas diperoleh skor yaitu; guru kelas III-A skor 92% dan guru kelas III-B skor 96% dengan kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian maka media pembelajaran Pop Up Book digital pada materi dongeng di kelas III SD Negeri Lamreung Aceh Besar sangat layak untuk dikembangkan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Samsidar Siti
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:18
Last Modified: 24 Jan 2023 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25919

Actions (login required)

View Item
View Item