Peran Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam

Mutia Nur Rizqi, 180604009 (2023) Peran Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Peran Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam] Text (Peran Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam)
Mutia Nur Rizqi, 180604009, FEBI, IE, 082329481146.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

PKH merupakan program pemerintah bertujuan mengentaskan kemiskinan. Sejauh ini kemiskinan masih melanda Indonesia. Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam salah satu daerah sasaran pelaksanaan PKH, namun belum diketahui bagaimana perannya. Tujuan penelitian melihat peran PKH meningkatkan kesejahteraan KPM dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan PKH di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara 9 KPM PKH di 3 desa (Desa Lae Oram, Desa Makmur Jaya, dan Desa Mukti Makmur) dan 1 pendamping PKH. Hasil penelitian mengenai peran terdiri 3 aspek yaitu: (a) pendidikan, PKH berperan segi pendidikan karena dapat memenuhi kebutuhan sekolah; (b) kesehatan, PKH berperan segi kesehatan karena dapat memenuhi kebutuhan kesehatan; (c) kesejahteraan sosial. PKH berperan meningkatkan kesejahteraan kehidupan KPM. Faktor pendukung tersedia kendaraan dinas, Kantor Pos, Bank, mesin ATM, dan BSI Link, dan alat peraga materi untuk pemaparan materi PKH. Faktor penghambat yaitu rute masuk desa sulit karena jalan belum di aspal dan dana PKH dari pemerintah terbatas sehingga masyarakat layak mendapatkan bantuan menjadi daftar tunggu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mutia Nur Rizqi Mutia
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:13
Last Modified: 24 Jan 2023 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25920

Actions (login required)

View Item
View Item