Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Melalui Program Tahfizh Di SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh

Nawal Azka, 180201160 (2023) Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Melalui Program Tahfizh Di SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Nawal Azka, 180201160, FTK, PAI,082166884450.pdf] Text
Nawal Azka, 180201160, FTK, PAI,082166884450.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan menghafal Al-Qur’an adalah kesanggupan dalam mengingat teks-teks yang ada di dalam Al-Qur’an di luar kepala. Kemampuan menghafal Al-Qur’an berarti kecakapan memelihara atau menjaga Al-Qur’an sebagai wahyu Allah melalui proses meresapkan lafadz-lafadz ayat Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah membaca Al-Qur’an ke dalam pikiran agar bisa mengingat dan melafalkannya kembali tanpa melihat mushaf atau tulisan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh dan apa kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam mencapai target hafalan Al-Qur’an di SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh yang dilakukan dengan cara tes lisan pada 55 siswa di kelas IX-Putri terdapat 34 siswa yang sudah mampu menghafal Al-Qur’an. Adapun kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam mencapai target hafalan Al-Qur’an ialah terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari diri individu siswa dan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari lingkungan luar. Adapun faktor internal disebabkan oleh kemampuan dasar (IQ), tidak ada dasar menghafal Al-Qur’an sebelumnya, menghafal tanpa mengeluarkan suara dan kelelahan karena padatnya aktivitas. Faktor eksternal disebabkan oleh keterbatasan waktu dalam menghafal Al-Qur’an, terdapat ayat-ayat yang serupa namun tidak sama, gagal fokus karena gangguan dari teman, menghafal ayat yang panjang dan menghafal ayat asing yang jarang didengar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nawal Azka
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:39
Last Modified: 24 Jan 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25923

Actions (login required)

View Item
View Item