Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar Agama Islam Di Gampong Jurong Peujera Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Razila Azzahra, 180201161 (2023) Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar Agama Islam Di Gampong Jurong Peujera Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Razila Azzahra, 180201161, FTK, PAI,082292119231.pdf] Text
Razila Azzahra, 180201161, FTK, PAI,082292119231.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Peran orang tua dalam memotivasi anak belajar agama Islam kepada anak sangat berdampak terhadap perilaku dan moral anak, anak akan memahami batasan baik tidaknya untuk membentuk manusia yang bertakwa kepada Allah SWT. Hal pertama sebagai orang tua yang harus diperhatikan ialah pendidikan anak, terlebih pendidikan agama Islam. Ada beberapa pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam penelitian ini, yaitu bagaimana peran orang tua dalam memotivasi anak belajar agama Islam di Gampong Jurong Peujera Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, dampak yang terjadi kepada anak setelah di berikan motivasi belajar agama Islam di Gampong Jurong peujera Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar, faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh orangtua dalam memotivasi anak belajar agama Islam di Gampong Jurong Peujera Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi anak belajar agama Islam di Gampong Jurong Peujera Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan peran orang tua adalah membimbing, mendidik, dan motivator dengan cara menganjurkan anak mengikuti pengajian, memberi contoh perbuatan yang baik kepada anak dan memberi pengajaran yang baik. Dampak yang terjadi kepada anak setalah adanya motivasi belajar agama Islam dari orang tua adalah anak mempunyai akhlak yang baik, anak berbakti kepada kedua orang tua, meningkatnya semangat anak. Dalam hal memotivasi tentunya terdapat faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi orang tua, faktor pendukung diantaranya adalah keinginan dalam diri anak, lingkungan yang baik, handphone dan televisi menjadi fakor pendukung. Terkait faktor penghambat yaitu pengaruh lingkungan yang kurang baik dan handphone dan televisi menjadi faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Razila Azzahra
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:40
Last Modified: 24 Jan 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25931

Actions (login required)

View Item
View Item